Apple luncurkan browser Safari versi Windows.

Juni 13, 2007 pukul 10:46 am | Ditulis dalam berita Grezzzz | Tinggalkan komentar

Selasa, 12-06-2007

Apple Inc dibawah pimpinan CEO Steve Jobs sejak 12 Juni 2007 kini “bersafari merambah hutan belantara” pasar piranti lunak penjelajah Internet dengan peluncuran browser Safari 3 versi Windows yang bisa diperoleh dengan gratis oleh para pengguna komputer beroperasikan OS Windows XP ke atas. Browser Safari sebelumnya adalah khusus disediakan Sistem Operasi OS-X Mac bagi para pengguna komputer keluaran Apple Inc. Langkah peluncuran Safari versi Windows dicanangkan oleh Steve Jobs dalam forum WWDC : World Wide Development Conference yang tengah berlangsung di San Francisco, CA – Amerika Serikat. Dinyatakan bahwa langkah ini menjadi suatu “mimpi besar” bagi Apple guna mendongkrak naik pangsa pasar browser Safari —kini hanya 4,9% dan seluruhnya terpasang pada komputer yang mengoperasikan OS-X Mac— ke hadapan khalayak pengguna komputer global yang tentunya dalam cengkraman dominansi s-ware berbasis OS Windows.
Sesungguhnya browser Safari 3 dikembangkan untuk versi OS-X Mac terbaru “Leopard” yang akan diluncurkan bulan Oktober yad untuk menggantikan OS versi “Tiger”.

Tidak kurang dari 12 keunggulan yang digadang-gadang diunggulkan pihak Apple-com dalam halaman situs yang menyediakan dn-lo browser Safari : wvvw.apple.com/safari/ Bahkan tidak kurang dari Steve Jobs sendiri yang mengungkapkan browser Safari adalah:
“The fastest browser on Windows” yang tentu saja bersinggungan langsung dengan tag line “The fastest browser on Earth” milik Opera. Pada kenyataannya Apple-Inc memang terjun meramaikan “perang browser” yang berlangsung sengit pada saat ini paling tidak melibatkan 4 pengembang piranti lunak terbesar: IE-Explorer 7, Fire Fox vers-2 , dan Opera 9.
Kalangan Pengamat IT memandang langkah Apple memasuki kancah persaingan “perang browser” serta sekaligus dalam merealisasikan “dream big” di atas didasari maksud mengulang sukses sebaran piranti lunak : iTunes yang disediakan dalam versi lengkap —OS-X Mac maupun Windows— dan menyebar meluas mengiringi popularitas iPod : sang perangkat pemutar hiburan multi-media nomor wahid dunia digital masa kini.
Selain itu ada pula maksud pihak Apple-com guna menyiapkan secara dini pelengkap browser Safari dengan aplikasi bikinan pihak pengembang lain ( third party application ) guna dikembangkan untuk perangkat ponsel iPhone yang segera diluncurkan sedikit hari lagi —prakiraan pada akhir bln Juni— iPhone hingga kini dikabarkan terus menerus menjadi pusat perhatian pengguna ponsel canggih, khususnya kalangan fanatik pengguna produk berlabel Apple; komputer iMac, latop MacBook, dan iPod. Untuk itu maka dalam situs apple.com pun ditampilkan pula undangan bagi soft-ware developer guna mengembangkan piranti lunak untuk iPhone.
Browser Safari versi iPhone dikembangkan dengan memenuhi standard pengembangan aplikasi Internet masa depan : acuan standard Web 2.0, yakni dengan platform aplikasi Ajax. Dengan menjalankan browser Safari pada iPhone para pengguna langsung dapat disuguhi dengan fitur canggih yang terhubung aplikasi lain, semisal: smart voice calling, on-line video / multi-media blogging, Google Maps, dll.

Sumber: Up dates C|Net dan ragam info web. / Rizal AK.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: