Tata Cara dan Aturan-Aturan Penerimaan Beasiswa

Juni 17, 2007 pukul 2:18 am | Ditulis dalam KaMpuSku.. | 4 Komentar

2007-06-05 10:44:23.0

Ada beberapa persyaratan yang telah dtetapkan baik oleh pihak Universitas maupun oleh pihak sponsorship (pemberi dana beasiswa). Sebagai persyaratan umum antara lain (1) terdaftar secara aktif sebagai mahasiswa Unsoed; (2) berasal dari keluarga kurang mampu; (3) sehat jasmani rohani; (4) tidak sedang menerima beasiswa lain; (5) mengajukan permohonan beasiswa; (6) lulus seleksi; (7) mempunyai prestasi akademik yang tinggi. Adapun persyaratan khusus sangat bervariasi tergantung dari pihak sponsorship/penyandang dana.

Beasiswa TPSDP, disyaratkan bagi mahasiswa program studi reguler jurusan teknik sipil, teknik elektro, ilmu biologi, ilmu kimia, ilmu matematika, ilmu fisika dan pertanian. Adapun persyaratan khususnya antara lain (1) pendapatan orang tua < Rp.2juta/bulan dengan nilai rata-rata Ujian Nasional SMU < 4.5, (2) tergolong mahasiswa berprestasi dalam bidang ilmiah dan dibuktikan dengan melampirkan sertifikat, (3) jumlah calon penerima beasiswa maximal 15% dari total mahasiswa per program studi atau maximal 20 mahasiswa, (6) Besarnya beasiswa Rp250000,-/bulan, (7) IPK >= 2.75.

Beasiswa BANK INDONESIA, ditujukan untuk mahasiswa program reguler yang ekonominya kurang mampu tetapi memiliki prestasi akademik yang tinggi dan sekurang-kurangnya telah menyelesaikan 90 SKS atau telah menempuh empat semester. Umur tidak lebih dari 25 tahun pada saat dicalonkan. Memiliki rangking IPK terbaik, dan jumlah penerima sebanyak 40 mahasiswa seluruh Unsoed dalam setiap gelombang. Besarnya beasiswa Rp. 200.000/bulan dan diberikan selama dua semester sampai yang bersangkutan lulus dimulai pada semester ganjil (September).

Beasiswa DJARUM, ditujukan untuk mahasiswa reguler program S1 yang telah duduk pada semester V atau VII dengan IPK minimal 3.00. Kondisi sosial ekonomi layak mendapatkan beasiswa, dan telah lulus wawancara dan psikotes. Besarnya beasiswa Rp150000/bulan diberikan selama satu tahun. Jumlah penerima beasiswa sebanyak 10 mahasiswa seluruh Unsoed.
Beasiswa BPMIGAS (Pertamina), diberikan kepada mahasiswa reguler program S1 dan telah menempuh 80 SKS keatas, dan 60 SKS keatas untuk program D3 dengan IPK minimal 2.50 yang dibuktikan dengan transkrip. Tidak sedang menerima keringanan SPP yang dinyatakan secara tertulis oleh Pembantu Dekan III. Melampirkan Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua, fotokopi Kartu Keluarga, pasfoto ukuran 4 x 6 (2 lembar). Besarnya beasiswa Rp250000/bulan diberikan selama satu tahun dimulai 1 Januari sampai 31 Desember. Pada akhir studi dapat mengajukan bantuan penulisan skripsi yang dibuktikan dengan surat permohonan kepada Rektor, besarnya bantuan penulisan skripsi Rp400000,- diberikan hanya satu kali.. Bagi penerima beasiswa yang sudah lulus, pemberian beasiswa langsung dihentikan tanpa dicarikan penggantinya.

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), ditujukan untuk mahasiswa reguler semester VI keatas program S1 dan semester IV keatas program D3 dengan IPK minimal 2.50. Mengisi blangko permohonan beasiswa, dilampiri Surat Keterangan Penghasilan Orangtua yang disahkan oleh instansi yang berwenang, pasphoto ukuran 4 x 6 (2 lembar), transkrip nilai IPK. Diprioritaskan mahasiswa berasal dari daerah IDT. Tidak sedang menerima keringanan SPP. Belum menikah dan belum bekerja. Besarnya beasiswa Rp120000/ bulan.

Beasiswa BBM, ditujukan untuk mahasiswa program S1 dan D3 semester II dan tidak sedang menerima keringanan SPP, belum bekerja, dengan IPK minimal 2.00. Mengisi blangko permohonan dengan dilampiri Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua.

Beasiswa SUPERSEMAR, diberikan kepada mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri yang memenuhi syarat-syarat : Pandai dan berprestasi, berbakat, rajin belajar, berkelakuan baik, berjiwa pancasila, telah menempuh semester III dengan IPK minimal 2.50, belum menikah dan belum bekerja. Bagi penerima beasiswa yang sudah lulus langsung dihentikan dan wajib menyerahkan skripsi ke Bagian Kesejahteraan Mahasiswa.Persyaratan lain: mengisi formulir permohonan dan dikirim ke Yayasan Supersemar melalui pimpinan perguruan tinggi dengan dibubuhi meterai Rp6000,-. Beasiswa diberikan selama satu tahun dengan periode penerimaan dari 1 April sampai dengan 31 Maret tahun berikutnya. Besarnya beasiswa Rp85000/bulan dan dapat diperpanjang selama yang bersangkutan masih memenuhi persyaratan tersebut di atas dan diusulkan lagi melalui pimpinan perguruan tinggi.

Beasiswa TASPEN, diberikan kepada mahasiswa reguler program S1 yang orang tuanya PNS golongan I, II, III dan pensiunan PNS yang secara ekonomi kurang mampu. Mahasiswa yang bersangkutan telah menempuh 4 semester atau lebih dan atau telah menempuh 90 SKS, dengan nilai IPK minimal 2.75, umur tidak lebih dari 21 tahun. Besarnya beasiswa Rp250000/ bulan selama dua semester mulai semester ganjil (bulan September).

Beasiswa Yayasan DAMANDIRI, diberikan kepada mahasiswa reguler program S1 dan D3 yang orangtuanya kurang mampu dan dibuktikan/disahkan oleh instansi ber-wenang. Mahasiswa yang bersangkutan sekurang-kurangnya telah menempuh semester III. Jumlah mahasiswa yang diterima kurang lebih 100 mahasiswa dan besarnya beasiswa Rp100000/bulan selama satu tahun, diberikan dalam satu tahap.

Beasiswa PPA bagi Mahasiswa Baru, diberikan untuk mahasiswa yang baru masuk di perguruan tinggi jenjang S1 dan D3 reguler dengan nilai rata-rata raport kelas minimal 6.0. Mahasiswa yang bersangkutan mengisi blangko permohonan dengan melampirkan fotocopy STTB, Kartu Keluarga, Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua yang disahkan instansi yang berwenang. Besarnya beasiswa Rp120000/bulan diberikan tiap 4 bulan sekali selama satu tahun, total mahasiswa penerima beasiswa sebanyak 80 mahasiswa.

Beasiswa Bantuan Pendidikan Mahasiswa, untuk tahun 2007 ini tidak tersedia bantuan biaya pendidikan (beasiswa).

Beasiswa Bank Rakyat Indonesia (BRI), diisyaratkan untuk mahasiswa reguler program S1 yang sekurang-kurangnya telah menempuh 4 semester atau telah menempuh 90 SKS dengan IPK minimal 2.5 dan kondisi ekonomi orang tua kurang mampu. Umur maksimal 23 tahun, tidak bekerja dan atau tidak dalam status ikatan dinas dari instansi lain.

Tahun Akademik 2007/2008 direncanakan ada penambahan sumber dana pemberian beasiswa untuk mahasiswa Unsoed dari berbagai sponsorship / penyandang dana dari institusi lain. Untuk kejelasannya dapat ditanyakan langsung ke Bagian Kesejahteraan Mahasiswa.

srisoes/Humas

4 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. aku tahun ke_dua (saya angk.2005)ga dapet beasiswa BBM trus ada yang lulus terus ada pengajuan kembali sisa beasiswa dari yang sudah lulus tapi kenapa yang dulu ga diterima tidak langsung diseleksi kembali malah dibuka pengajuan beasiswa tersebut kembali??

  2. menurut saya pribadi mengapa program beasiswa memerlukan itu ini?apakah ada program beasiswa yang tidak memerlukan bayak persyaratan. Terima kasih

  3. Awal masuk PT tahun 2005, pihak PT mempromosikan banyak beasiswa, baik dari sponsor maupun PT itu sendiri, tentu banyak mahasiswa yang tertarik dan bersemangat untuk kuliah dengan lebih baik agar mendapatkan IP yang memadai untuk mengajukan beasiswa tersebut. Namun harapan tidak sesuai kenyataan, PT sepertinya cuma memberikan harapan-harapan, apa yang mereka katakan tidak direalisasikan, mahasiswa yang mengajukan beasiswa dipersulit dengan berbagai persyaratan yang berbelit-belit dan rumit, informasi yang mereka berikan pun tidak memuaskan…sebagai contoh untuk beasiswa PPA
    Kenapa seh mendapatkan beasiswa PPA saja sangat sulit dan djelimet???
    Menurut saya dengan menunjukan IPK saja, cukuplah untuk mendapatkan beasiswa PPA,,,

  4. Bagaimana cara mengajukan beasiswa ke instansi-instansi tersebut di atas, seperti alamat (baik email maupun surat), tanggal maksimal pengajuan dll, kepada siapa harus mengajukan

    terima kasih


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: