Rekayasa modifikasi genetika dapat mengatur tinggi pohon.

Juni 27, 2007 pukul 3:45 am | Ditulis dalam berita Grezzzz | Tinggalkan komentar

0100706251306_gmshrublets.jpg
Senin, 25-06-2007

Peneliti bidang ilmu kehutanan OSU : Oregon State University di AS berhasil melaksanakan eksperimen penerapan teknologi GM : “Gene Modification” dalam memanipulasi pertumbuhan sel tumbuhan guna mendapatkan tinggi tumbuhan yang sesuai keinginan dalam kisaran tinggi pohon dari setinggi sekitar 15 m hingga tinggi tumbuhan hanya beberapa senti saja. Temuan ini baru saja dipublikasikan dalam journal ilmiah Landscape Plant News di AS.
Eksperimen ini merupakan pembuktian konsepsi ilmiah yang valid : “proof of concept” bahwa dengan teknik rekayasa modifikasi genetika yang kini tersedia tinggi pohon dapat diatur sekehendak keinginan manusia. Temuan di atas dapat membukakan pintu selebar-lebarnya bagi penerapan untuk mengembangkan beragam produk pohon baru yang unik guna kepentingan skala industri pembibitan tanaman ataupun kepentingan kalangan hobbyst tertentu. Namun para ilmuwan menyadari pasti, bahwa terbukanya kemungkinan kesempatan seluas ini tergantung pada suatu pengandaian : “If” yakni andaikata segala rintangan peraturan berupa larangan dapat dilewati terlebih dahulu.

Menurut ungkapan Profesor Steven Strauss, dari Jurusan Ilmu Kehutanan OSU, bahwa tidak diragukan lagi bahwa temuan terkini ini telah siap untuk dapat direalisasikan dan dalam perspektif ilmu pengetahuan merupakan suatu pencapaian yang amat menarik. Namun pengembangan riset tahap lanjut masih akan menghadapi tantangan batasan aturan menyangkut segi sosial dan hukum yang berkenaan dengan izin peraturan perihal pengembangan rekayasa genetika organisme dengan teknologi GM yang berkaitan dengan keamanan lingkungan hidup di AS. Menurut Prof. Strauss dalam program riset tahap lanjutan, adalah benar-benar memungkinkan untuk menciptakan sejenis pohon elm —yang secara alami akan tumbuh hingga setinggi 33 m (100feet) atau lebih— dapat diatur hingga tumbuh berumur dewasa semisal cukup setinggi 1,5m saja yang cocok untuk ditanam di halaman rumah ataupun versi setinggi 10m (30ft) hingga pas untuk ditanam dalam penataan taman skala urban. Bahkan ilmuwan pun dapat pula merubah warna-warni dedaunan pohon hingga menjadi lebih atraktif, ataupun terbuka pula kemungkinan pohon dengan elemen dedaunan yang berkemampuan tinggi dalam menyerap polusi lingkungan.
Dalam eksperimen OSU Para peneliti pun berhasil menciptakan sejenis pohon poplar, yang dapat tumbuh dengan subur dan cepat hingga mencapai setinggi 45 m (150ft) lebih dalam jangka waktu 2 tahun, sementara pohon sejenis yang sama pun dapat ditumbuhkan hanya setinggi beberapa senti saja hingga jenis poplar ini bagaikan tanaman miniatur : “shrublets” yang sulit untuk dibedakan dari serumpun semak ataupun pepohonan kembang di taman. Sejauh ini seluruh pohon hasil eksperimen ilmuwan OSU terlihat tumbuh normal dalam beragam ukuran dalam kebun percobaan dibawah pengawasan ketat institusi pengawas USDA.

Langkah ilmuwan dalam memanipulasi tinggi tumbuhan diperoleh dengan menyisipkan sejenis gen tertentu dari tanaman Arabdidopsis —sejenis pohon kecil dari keluarga jenis mustard yang dianggap telah tahan melestarikan diri dalam kurun evolusi selama 50 – 100 juta tahun— yang memiliki zat hormon aktif spesifik yakni gibberellic acids. Dalam proses pertumbuhan tanaman senyawa ini memiliki sifat dapat memanjangkan sel dalam tanaman, atau sebaliknya sifat untuk memanjangkan sel dapat menghilang sama sekali —hingga pohon tumbuh kerdil— ataupun perkembangan pohon hanya sebatas tertentu apabila menerima semacam rangsangan modifikasi lainnya.
Dimasa depan apabila semisal Anda melihat sejenis pohon cemara udang berukuran miniatur yang terlihat tumbuh amat sempurna dengan daun berwarna-warni amat atraktif boleh jadi ini adalah sejenis pohon berlabel GM hasil rekayasa genetika, dan sama sekali bukan kreasi pohon bonsai !!!

Sumber: Up dates Nature-com-dll / Rizal AK.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: