Ponsel Neo versi Linux siap saingi i-Phone !?!

Juli 11, 2007 pukul 5:26 am | Ditulis dalam berita Grezzzz | Tinggalkan komentar

Rabu, 11-07-2007Ponsel dengan aplikasi berbasis OSS Open Sources Software dari Linux telah diluncurkan : Neo1973 buatan FIC : First International Computer. Ponsel Neo1973 dengan sistem operasi OpenMoko yang diperkenalkan kehadapan media dan kalangan developer aplikasi awal minggu yl dan diberi label harga $ 300 adalah ponsel sistem Linux kedua setelah GreenPhone buatan Trolltech yang diluncurkan akhir tahun 2006 yl. Sebagian pengamat IT bahkan mengungkapkan ponsel Neo1973 bisa jadi akan potensial menjelma menjadi pesaing i-Phone dalam lingkup global di masa yad.

Dari tinjauan faktor desain bentuk, kelengkapan fitur maupun aplikasi OS ponsel Neo1973 jelas belum sebanding dengan keunggulan artistik desain dan kecanggihan aplikasi / GUI pada perangkat i-Phone. Hardware pada Neo masih berkemampuan terbatas a.l ; tanpa kamera, prosesor ARM9 266MHz (Samsung), tanpa konektivitas WiFi dan hanya GPRS/2.5G.
Sehingga diungguli i-Phone yang telah dilengkapi camera phone 2MP, WiFi, dan prosesor ARM11 620MHz dan memory flash 4 atau 8 GB.
Namun versi up-grades ponsel Neo yang tengah disiapkan dan segera akan memasuki pasaran ponsel global sistem GSM akan dilengkapi fitur sebanding dengan i-Phone dan direncanakan akan siap uji Oct 2007 yad. Ponsel Linux akan sebanding dengan i-Phone dan siap menyainginya ketika mulai memasuki pasaran global di luar AS pada awal 2008, khususnya kawasan Asia-Pasifik yang menjadi ajang terbesar sistem seluler GSM. Keduanya dipandang sebanding berhubung sama-sama ponsel jenis smartphones yang sepenuhnya menerapkan pengoperasian dengan cara sentuhan jari pada layar display dengan tanpa menyisakan sama sekali sistem keypad pencet/mekanis seperti pada kebanyakan ponsel.
Harga ponsel Neo1973 versi upgrades $ 450 akan sebanding i-Phones seharga launching $ 499 dengan memory flash 4 GB. Versi upgrades ponsel Neo1973 dengan RAM 256 MB dan slot memori type micro SD.

Dengan mengaplikasikan OSS berarti para pembuat aplikasi perangkat ponsel Linux calon saingan seurieus i-Phone kini telah dapat menyiapkan beragam aplikasi dengan keleluasan yang terbebas dari kekangan sistem aplikasi OS propietary system semacam i-Phone buatan Apple. Disamping itu apabila dalam pemasaran global i-Phone pihak Apple pun menetapkan penjualan hp dengan sistem paket bundled seperti di AS yakni; dengan satu atau sejumlah terbatas operator seluler GSM, maka sistem pemasaran demikian akan berseberangan pula dengan sistem SIM-card bebas yang akan diaplikasikan Neo1973.
Disnilah sesungguhnya keunggulan Neo1973 ! Selain itu kehadiran ponsel Linux sejenis Neo1973 ini sesungguhnya bagaikan pisau bermata ganda; ketajamanan sisi pertama bisa mengiris pasar global smartphones i-Phone dan sisi kedua pun bisa mengikis dominasi pasar OS ponsel berbasis Symbian dan Windows Mobile buatan Microsoft yang mendominasi ponsel keluaran raksasa industri ponsel: Nokia, Sony-Ericsson, Samsung, dll.
Info lengkap dan dn-lo code core aplikasi —lengkap dengan emulator perangkat Neo1973— tersedia untuk dn-lo pada situs web:
wvvw.openmoko.org

Sumber: Updates C|Net dan OpenMoko / Rizal AK.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: